Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya


    Seni rupa bila ditinjau dari segi fungsinya dibagi menjadi dua kelompok yaitu Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan.

a. Seni Rupa Murni
  Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang dibuat sebagai hasil ekspresi untuk dinikmati keindahannya. Tujuan utama penciptaan seni rupa murni adalah untuk memenuhi kebutuhan akan kepuasan batin senimannya. Namun, dapat pula diperjualbelikan atau dapat pula berfungsi sebagai pajangan atau hiasan. Berikut beberapa contoh seni rupa murni.

1) Seni Patung
    Seni patung yaitu salah satu jenis seni rupa murni yang berwujud tiga dimensi. Patung dapat dibuat dari bahan batu alam, atau bahan-bahan industri seperti logam, serat gelas, dan lain-lain.

2) Seni Lukis
    Seni lukis yaitu salah satu jenis seni rupa murni berwujud dua dimensi yang pada umumnya dibuat di atas kain kanvas berpigura dengan bahan cat minyak, cat akrilik, atau bahan lainnya.

3) Seni Grafis (Cetak)
   Seni grafis merupakan seni rupa dua dimensi yang dikerjakan dengan teknik cetak, baik yang bersifat konvensional maupun melalui penggunaan teknologi canggih. Sesuai dengan proses pencetakannya karya seni grafis terbagi menjadi empat jenis, antara lain cetak tinggi, cetak dalam, cetak saring, dan cetak datar.

b. Seni Rupa Terapan
    Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dibuat untuk dimanfaatkan bagi kebutuhan manusia, tetapi tetap mempertahankan nilai keindahannya. Contohnya seni arsitektur, seni kriya, tata busana, dan tata rias.

1) Seni Kriya
   Seni kriya merupakan hasil gagasan, ide, pikiran, perasaan, apresiasi, dan ciptaan manusia yang memiliki nilai estetik, yang diwujudkan dalam bentuk benda melalui proses kegiatan kreatif. Seni kriya dapat juga diartikan sebagai hasil daya cipta manusia melalui keteranpilan tangan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya, serta umumnya dibuat dari bahan-bahan alam.

2) Desain
   Desain merupakan kegiatan reka letak atau perancangan. Pada dasarnya, semua karya seni melalui proses kegiatan proses perancangan sebelum diproduksi atau diwujudkan dalam bentuk jadi yang sesungguhnya. Pengertian desain saat ini lebih sering digunakan untuk menunjukkan proses perancangan karya-karya seni rupa terapan, seperti desain komunikasi visual, desain interior, dan desain produk.

0 komentar:

Posting Komentar