Pengertian Geografi secara Sederhana

  Geografi berasal dari kata Geo dan Grapein. Geo berarti bumi, sedangkan Grapein berarti lukisan/gambaran. Jadi, geografi dapat diartikan sebagai lukisan/gambaran bumi.

    Sementara itu ada beberapa ahli geografi yang mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu pengertian dari geografi. Kali ini kita akan membahas pengertian geografi dari tiga ahli geografi, yaitu Erathotenes, Claudius Ptolomeus, dan Immanuel Kant.

1. Pengertian Geografi menurut Erathotenes.
   Erathotenes merupakan orang pertama penemu ilmu geografi atau orang pertama yang mengenalkan ilmu geografi pada abad ke-1. Menurut Erathotenes sendiri, pengertian dari geografi adalah penulisan atau penggambaran mengenai bumi.

2. Pengertian Geografi menurut Claudius Ptolomeus.
     Menurut Claudius Ptolomeus, pengertian geografi adalah seluruh atau sebagian fenomena yang terkandung di dalamnya dalam bentuk peta. Fenomena yang dimaksud merupakan kejadian yang dirasakan dengan menggunakan panca indra.

3. Pengertian Geografi menurut Immanuel Kant.
     Menurut Immanuel Kant, pengertian dari geografi adalah disiplin ilmu yang memiliki objek studi berupa benda-benda atau gejala-gejala yang tersebar dan berasosiasi dalam ruang.

0 komentar:

Posting Komentar