Karakteristik Wirausaha


1. Pengertian Wirausaha
    Wirausaha bukanlah sekedar pedagang, namun jauh lebih dalam dari maknanya, yaitu yang berkenaan dengan mental manusia, rasa percaya diri, efisiensi waktu, kreativitas, ketabahan, keuletan, kesungguhan dan moralitas dalam menjalankan usaha mandiri yang tujuannya adalah untuk mempersiapkan tiap individu maupun masyarakat agar dapat hidup layak sebagai manusia yang kehadirannya ditujukan untuk mengembangkan dirinya, masyarakat, alam dan kehidupan. Terdapat dua faktor yang melatarbelakangi seseorang untuk menekuni dunia usaha yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sebagai pendorong minat berwirausaha antara lain karena adanya kebutuhan akan pendapatan, harga diri, dan perasaan senang. Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi minat berwirausaha antara lain : lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, peluang pendidikan/pengetahuan.

2. Karakteristik Wirausaha
    Karakteristik yang dimiliki wirausaha, yaitu :
  • Percaya diri (self confidence)
  • Berorientasi tugas dan hasil
  • Keberanian mengambil risiko
  • Berorientasi ke masa depan
  • Keorisinilan: kreativitas dan inovasi
     Wirausaha yang inovatif adalah orang yang memiliki ciri-ciri :
  1. Tidak pernah puss dengan cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut cukup baik.
  2. Selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya.
  3. Selalu ingin tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan.
Agar lebih jelas, berikut dikemukakan beberapa karakteristik wirausaha menurut pendapat Bygrave yang terkenal dengan istilah 10 D, seperti berikut.

  1. Dream. Seorang wirausaha mempunyai visi bagaimana keinginannya terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya dan yang penting dia mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impian.
  2. Decisiveness. Seorang wirausaha adalah orang yang tidak bekerja lambat. Kecepatan dan ketepatan mengambil keputusan adalah merupakan faktor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.
  3. Doers. Seorang wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang dapat dimanfaatkan.
  4. Determination. Seorang wirausaha dalam melaksanakan kegiatannya memiliki rasa tanggung jawab tinggi dan tidak mau menyerah, walaupun dihadapkan pada rintangan yang sulit diatasi.
  5. Dedication. Dedikasi seorang wirausaha dalam sangat tinggi, semua perhatian dan kegiatannya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnisnya.
  6. Devotion. Berarti kegemaran atau kegila-gilaan. Hal inilah yang mendorong dia mencapai keberhasilan yang sangat efektif untuk menjual produk yang ditawarkan, karena seorang wirausaha akan mencintai pekerjaan bisnisnya.
  7. Details. Seorang wirausaha selalu memperhatikan faktor kritis. Dia tidak mengabaikan faktor kecil tertentu yang dapat menghambat kegiatan usahanya.
  8. Destiny. Wirausaha bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya.
  9. Dollars. Wirausahawan tidak sangat mengutamakan kekayaan, motivasinya bukan memperoleh uang, akan tetapi uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya.
  10. Distribute. Seorang wirausaha bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya terhadap orang kepercayaannya, yaitu orang yang kritis dan mau diajak mencapai sukses dalam bisnis.
   Sekian pembahasan tentang Karakteristik Wirausaha kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar