Alat atau Instrumen Musik Tradisional/Daerah

    Kali ini akan dibahas tentang Alat Musik Daerah yang dibagi menjadi lima kelompok menurut sumber bunyinya. Lima kelompok musik tersebut akan dijelaskan dibawah sebagai berikut.

Contoh Alat Musik Jenis Idiofon (Saron)
a. Idiofon

  Idiofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya dari badan alat musik itu sendiri. Cara memainkannya dipukul dengan alat pemukul. Contohnya saron, gender, angklung, bonang, gong, dan sebagainya.


Contoh Alat Musik Jenis Kordofon (Banjo)



b. Kordofon

    Kordofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senar. Tubuh instrumen atau resonator umumnya terbuat dari kayu. Contohnya yaitu (yang dipetik) gitar, ukulele, banjo, siter, kecapi, sasando, (yang digesek) rebab, kontra, bass, (yang dipukul secara mekanik) piano.

Contoh Alat Musik Jenis Aerofon (Seruling)


c. Aerofon


    Aerofon adalah jenis instrumen musik yang bunyinya berasal dari getaran udara dalam tabung. Cara memainkannya yaitu dengan ditiup. Contohnya seruling, kledi, rekorder, dan lain-lain.



Contoh Alat Musik Elektrofon (Organ)


d. Elektrofon

    Elektrofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari sinyal hasil osilasi (getaran) sirkuit elektronik. Contohnya organ, electone, dan sejenisnya. Dalam kesenian tradisional daerah instrumen elektrofon yang digunakan contohnya adalah pada orkes gambang kromong.




Contoh Alat Musik Membranofon (Kendang)

e. Membranofon

   Membranofon adalah instrumen yang sumber bunyinya berasal dari kulit membran. Contohnya kendang, ketipung, dan lain-lain.




Sekian untuk pembahasan Pembagian Kelompok Alat Musik berdasarkan Sumber Bunyinya kali ini, semoga bermanfaat dan dapat meambah wawasan teman-teman sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar