Kriteria Metode Ilmiah

    
    Metode ilmiah adalah langkah kerja yang dilakukan para peneliti dalam menjawab masalah. Secara umum, metode ilmiah diartikan sebagai serangkaian langkah-langkah seperti identifikasi masalah, pengumpulan data, memilah data, merumuskan hipotesis atau dugaan ilmiah sementara, menguji hipotesis secara tepat, dan memberitahukan hipotesis/dugaan ilmiah jika terdapat temuan baru dalam eksperimen yang dilakukan. Kali ini kita akan membahas tentang Kriteria dalam Metode Ilmiah.

1. Berdasarkan Fakta dan Bersifat Objektif
   Keterangan-keterangan yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis berdasarkan fakta-fakta nyata. Hasil dari kegiatannya tidak bersifat daya khayal.

2. Bebas dari Prasangka
    Suatu kegiatan yang menerapkan metode ilmiah harus bebas prasangka dan jauh dari pertimbangan subjektif.

3. Berdasarkan Prinsip-Prinsip Analisis
  Dalam memahami dan mengartikan berbagai fenomena ilmiah diperlukan analisis terhadap permasalahan tersebut. Prinsip analisis akan membantu mengemukakan jawaban secara logis.

4. Melalui Proses Hipotesis
  Dalam metode ilmiah, diperlukan prinsip berpikir analitis yang didasarkan adanya hipotesis. Hipotesis diperlukan untuk membantu jalan pikiran sesuai dengan arah tujuan yang dicapai.

5. Berdasarkan Teknik Kuantitatif
  Ukuran seperti kg, meter, sekon, dan meter per sekon selalu digunakan setelah angka hasil. Kuantifikasi termudah menggunakan angka nominal, ranking, dan rating.

Sekian pembahasan tentang Kriteria Metode Ilmiah, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman sekalian.

1 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat. Saya memiliki artikel terkait, silahkan kunjungi web berikut
    http://news.unair.ac.id/2021/01/29/perhatikan-tips-menulis-artikel-ilmiah/tips-nulis-artilmiah-01/

    BalasHapus