Simbol dan Keterangan Bahan Kimia

    Selain perlengkapan keselamatan pribadi, simbol-simbol yang menyatakan sifat bahan kimia perlu dicantumkan pada setiap botol tempat penyimpanan. Hal ini bertujuan untuk memberi tahu kepada para pengguna akan karakteristik dan bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh bahan tersebut. Kali ini akan kita bahas simbol-simbol bahan kimia tersebut beserta keterangan dan karakteristik dari bahan kimia tersebut.
No.
Simbol
Keterangan
1.
Bahan kimia yang ditempeli simbol ini menunjukkan bahwa bahan tersebut beracun (toxic). Bahan tersebut berbahaya bagi kesehatan apabila terhisap, tertelan, atau terpapar pada kulit. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan alat keselamatan kerja di laboratorium dengan lengkap dan benar.
2.
Bahan kimia yang ditempeli simbol ini menunjukkan bahwa bahan tersebut mudah meledak (eksplosif) pada kondisi tertentu. Bahan tersebut harus dihindarkan dari benturan, gesekan, api, dan panas.
3.
Bahan kimia yang ditempeli simbol ini menunjukkan bahwa bahan tersebut dapat membakar bahan yang lain (pengoksidasi). Bahan tersebut dapat menyebabkan munculnya api atau menyebabkan api sulit dipadamkan. Bahan ini harus dihindari dari panas dan bahan-bahan lain yang mudah terbakar serta bersifat reduktor.
4.
Bahan kimia yang ditempeli simbol ini menunjukkan bahwa bahan tersebut sangat mudah terbakar. Untuk menjaga keselamatan, bahan ini harus dihindarkan dari paparan dengan udara secara langsung, sumber api, maupun loncatan sumber api.
5.
Bahan kimia yang ditempeli simbol ini menunjukkan bahwa bahan tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan tubuh manusia (korosif). Bahan ini tidak boleh sampai terhirup atau bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu, penggunaan masker dan sarung tangan sangat dianjurkan.
6.
Bahan kimia yang ditempeli simbol ini menunjukkan bahwa bahan tersebut berbahaya bagi kehidupan organisme di lingkungan. Apabila dalam penelitian menggunakan bahan ini sangat disarankan untuk menggunakan alat keselamatan kerja secara lengkap dan benar. Tempat penampungan bahan ini maupun sisa bahan dibuang sebagai limbah berbahaya yang tidak boleh dibuang sembarangan ke lingkungan.



Sekian pembahasan Simbol Bahan Kimia kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar